Selasa, 06 November 2012

Trik Menyenangkan untuk Meningkatkan Fokus Kerja

Ide yang mampet atau merasa terperangkap saat bekerja bukan hal aneh. Banyak orang mengalaminya juga. Tapi jangan hanya diam dan terjebak dalam kondisi tersebut. Berikut beberapa cara menyenangkan untuk mengatasinya:

1. Gosip dan tertawa

Hey, tak ada salahnya mengobrol sejenak dengan rekan kerja. Mengobrol ringan sampai bergosip seru ternyata bisa meningkatkan produktivitas! Paling tidak, begitulah menurut Jenny Cole, PhD, peneliti dari Staffordshier University di Inggris. Dalam penelitiannya ia menemukan gosip atau perbincangan ringan di sela-sela waktu kerja bisa meningkatkan kualitas komunikasi dan membuat seseorang lebih tenang menghadapi tekanan pekerjaan.

Tetapi hindari gosip-gosip miring yang memicu emosi negatif. Bicarakan topik-topik yang menyenangkan seperti gosip kenaikan gaji, promosi teman, atau hal-hal lain.

Begitu juga tertawa dan berbagi cerita lucu. Tinggalkan tempat kerja dan nikmati secangkir minuman sambil berbincang dengan teman kerja. Banyak penelitian membuktikan tertawa sehat untuk tubuh. Selain sehat bagi tubuh, tertawa juga meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan daya ingat.

2. Menjelajah internet

Fokus pada satu hal terlalu lama memang bisa merusak konsentrasi. Saat otak mulai berasap, alihkan sejenak pikiran ke hal-hal yang menyenangkan. Membuka website belanja online, menonton video lucu, atau sekadar membuka jejaring sosial di internet bisa jadi obat mujarab untuk mengusir penat.

Brent Coker, PhD, peneliti dari University of Melbourne, Australia mengatakan, menjelajah internet untuk melihat hal-hal yang menyenangkan bisa meningkatkan produktivitas sampai 12%. Tapi jangan sampai lupa diri dan batasi waktu. Jangan sampai terlalu asyik mencari hiburan di internet lalu pekerjaan terlupakan. Ujung-ujungnya Anda yang semakin tertekan karena kejaran pekerjaan.

3. Bunga

Solusi ini ternyata bukan hanya untuk wanita. Bunga segar menurut peneliti dari Harvard University dan Massachusetts General Hospital bisa berfungsi sebagai pembangkit semangat. Memandangi bunga saat bangun tidur atau meletakkan bunga di meja kerja ternyata punya pengaruh positif untuk meningkatkan produktivitas.

Melihat bunga pada pagi hari membuat orang merasa lebih bahagia dan bersemangat. Memandangi bunga pada jam kerja ternyata bisa mengurangi stres, ketegangan, dan bahkan meningkatkan kerja otak. Sekali lagi, hal ini tidak hanya berlaku pada wanita lho.

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan, kehadiran bunga-bunga cerah di tempat kerja ternyata bisa memicu kreativitas. Karyawan pada tempat kerja yang memasang dekorasi bunga menjadi lebih inovatif dan kreatif.

4. Mengunyah permen karet

Walau tidak berefek panjang, mengunyah permen karet bisa jadi salah satu solusi menyenangkan untuk kembali fokus bekerja. Peneliti dari St. Lawrence University, Amerika menemukan, mengunyah permen karet sesaat sebelum ujian ternyata membantu meningkatkan nilai. Sebelum pertemuan penting atau saat sedang istirahat singkat di tengah kejaran deadline, tak ada salahnya mengunyah permen karet.

Tapi, lakukan sebelum, bukan pada saat rapat atau sedang bekerja. Gerakan mengunyah permen karet bisa membantu memperlancar aliran darah ke kepala. Proses ini bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak.

Setiap satu jam, fokus Anda pada pekerjaan serta kemampuan konsentrasi akan berkurang. Jangan memaksakan diri dan malah terjebak dalam kebutuan. Istirahatkan tubuh Anda sejenak. Lancarkan peredaran darah tubuh dengan berjalan santai di sekitar tempat kerja. Selingi kejenuhan Anda dengan hal-hal menyenangkan untuk mengembalikan kesegaran otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar