Selasa, 18 September 2012

Pengguna Internet Explorer dalam Bahaya!

Trisno Heriyanto - detikinet
Selasa, 18/09/2012 11:41 WIB


Jakarta - Sebuah celah yang cukup berbahaya ditemukan dalam Internet Explorer 7,8 dan 9. Para pengguna pun disarankan untuk menggunakan browser lain seperti Google Chrome atau Firefox.

Hal mengejutkan itu dipaparkan dalam sebuah forum keamanan internet bernama Rapid7. Menurut mereka, Internet Explorer memiliki bug yang mereka sebut Zero-day exploits.

Celah ini memungkinkan siapapun yang menggunakan Internet Explorer versi 7,8, dan 9 bisa diserang dengan mudah. Terutama saat mereka mengunjungi situs yang sudah disusupi script khusus.

"Sebuah eksploit sudah digunakan oleh para penyerang sebelum itu (celah-red) diterbitkan oleh Metasploit," tulis Rapid7, seperti dikutip detikINET dari mashable, Selasa (18/9/2012).

Melihat celah yang begitu besar, Microsoft pun tidak menutup mata. Raksasa software ini mengakui bahwa sejumlah versi browser besutan mereka memang memiliki 'lubang'.

"Kami menyadari bahwa beberapa seri Internet Explorer dapat diserang, tapi kami telah mengkonfirmasi bahwa Internet Explorer 10 tidak terpengaruh oleh masalah ini," kata Yunsun Wee, Director of Microsoft Trustworthy Computing.

"Kami sarankan para pengguna menggunakan Microsoft Enhanced Mitigation Experience Toolkit (EMET) 3.0, yang menyediakan perlindungan efektif tanpa mempengaruhi pengalaman browsing web," saran Wee.

( eno / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar